12 Makanan Sumber Protein Tinggi

CesesesMakanan Sumber Protein Tinggi, Protein adalah sumber nutrisi sangat penting yang dibutuhkah tubuh untuk pembentukan jaringan otot tubuh, Banyak binaragawan memanfaatkan kandungan protein entah itu dari hewani maupun nabati seperti contoh binaragawan indonesia yaitu Ade rai selain konsisten melakukan Gym ia juga mengimbanginya dengan mengkonsumsi Bahan makanan yang mengandung protein.

Fungsi protein selanjutnya yaitu sebagai zat pengatur hormon hormon yang berfungsi dalam proses pencernaan, Protein juga berfungsi sebagai penjaga keseimbangan pH dalam tubuh yaitu asam dan basa

Protein dilihat dari jenisnya dibedakan menjadi dua jenis, yaitu protein hehani dan nabati. Protein Hewani terdapat dalam daging dan telur. Jika Nabati terdapat dalam Tumbuh tumbuhan seperti kacang hijau ataupun kacang kedelai ( Baca Manfaat Kacang Hijau kecil Tapi Banyak Manfaat ) Daging dan telur saat ini masih menjadi makanan populer yang mengandung protein tinggi namun bukan hanya itu saja adapula makanan lain yang juga mengandung tinggi protein yaitu sebagai berikut.
Makanan Sumber Protein Tinggi Hewani

Makanan Sumber Protein Tinggi Hewani


Begitu Banyak makanan hewani yang mengandung protein tinggi yang kami rangkumkan antara lain :
  1. Telur adalah sumber protein yang paling lengkap mengandung nutrisi dibandingkan dengan makanan lainnya yang mengandung protein juga. Dalam sebutir telur rebus stidaknya mengandung 7 gr protein dan hanya 2 gr minyak jenuh, Untuk menghindari minyak jenuh untuk mensiasatinya cukup buang kuning telur dan ambil putih telurnya saja.
  2. White Meate ( Daging Putih ) Biasanya terdapat pada daging ayam dan juga mengandung lemak serta kolesterol. Lemak ayam banyak terdapat pada kulit dan bagian paha ayam, oleh sebab itu pilihlah bagian dada ayam.
  3. Read Meat ( Daging Merah ) Banyak terdapat pada daging sapi sebagai contoh red meat juga penting sebagai sumber vitamin B12 and zat besi heme. Vitamin B12 merupakan vitamin yang sulit ditemui pada tumbuhan.
  4. Ikan Segar ( Fish ) Kita semua tahu bahwa ikan adalah makanan hewani yang mengandung tinggi protein anda tak perlu kawatir seperti halnya pada daging yang mengandung banyak lemak dan kolesterol, Sebagai contoh jenis Ikan gindara yang memiliki lemak yang sangat rendah, Juga Ikan salmon dan tuna walaupun mengandung lemak namun jangan kuatir karena lemak yang terkandung adalah lemak baik yaitu Omega-3.
  5. Udang Kaya akana kalsium dan protein, Nilai protein pada udah terbilang sangat komplit karena mangandung asam amino sangat tinggi. 100 gr udang mentah mengandung 20,3gr protein atau cukup untuk memenuhi kebutuhan protein harian sebanyak 41 %.
  6. Susu Murni Jumlah protein susu murni memang tak terlalu besar, namun kualitas protein yang disediakan bagi tubuh sangat menakjubkan. Protein dalam susu mengandung semua asam amino esensial yang diperlukan tubuh.
Makanan Sumber Protein Tinggi Nabati ( Tumbuhan )

Makanan Sumber Protein Tinggi Nabati ( Tumbuhan )


Tersedia Makanan Sumber Protein Tinggi yang di sediakan oleh alam antara lain:
  1. Kedelai ( Beans ) Bagi penderita lactose intolerance atau alergi terhadap susu sapi, Susu kedelai adalah pilihan utama yang terbaik untuk memenuhi kebutuhan protein hewani, selain kaya protein, kacang kedelai juga rendah lemak dan mengandung phytochemical seperti isoflavon, asam phytc dan saponin. Kandungan ini baik untuk mengurangi potensi terkena penyakit jantung, osteoporosis dan kanker. Kedelai mengandung 29 gram protein per cangkirnya.
  2. Tahu Merupakan makanan yang juga kaya dengan nutrisi makanan yang berbahan dasar kedelai, Tahu bisa di konsumsi bersama salat, di goreng di kukus bahkan di panggang, bahannya yang halus memudahkan makanan ini dapat dengan mudah bercampur dengan bumbu sehingga anda tidak akan bosan dengan olahan tahu.
  3. Yogurt Yoghurt mengandung kalsium tinggi dan protein. Biasakan untuk mengonsumsi yoghurt setiap hari. Bisa dikonsumsi langsung, dicampur buah, smoothies, atau bisa jadi tambahan untuk sup dan kari.
  4. Kacang Almond Kacang gurih ini rendah karbohidrat, tinggi kalsium dan protein. Selain itu, almond juga mengandung serat alami, dapat dikonsumsi mentah atau bahan penambah rasa pada makanan lain.
  5. Brokoli mengandung 5 gram protein dalam satu cangkir, juga serat, karbohidrat, vitamin dan mineral sehingga digolongkan sebagai sayur dengan nutrisi lengkap. Anda bisa menjadikannya salah satu pilihan bahan masakan sehari-hari.
  6. Bayam Dalam satu cangkir bayam terkandung 3 gram protein. Anda bisa mengonsumsinya dengan cara dikukus, rebus atau cah. Pastikan Anda tidak terlalu lama memasaknya, agar rasa tidak berubah dan nutrisinya tetap terjamin. Sedikit ide untuk mengolah bayam; kukus sebentar lalu bumbui dengan merica hitam dan sedikit minyak zaitun.
Begitu banyak Makanan Sumber Protein Tinggi dan juga perdebatan antara lebih baik mana antara Protein nabati atau hewani, jika menurut saya cukup konsumsi secara seimbang dan dapatkan Manfaatnya