Manfaat Kacang Hijau kecil Tapi Banyak Manfaat

Ceseses - Manfaat kacang hijau sebagai penunjang pertumbuhan juga sumber serat yang melimpah kaya nutrisi seperti protein omega 3, vitamin dan mineral, Kacang hijau sudah terkenal meiliki manfaat sejak ribuan tahun yang lalu kacang yang berasal dari dataran India ini mulai menyebar ke seluruh penjuru dunia melalui jalur perdagangan.

Sejak ribuan tahun silam kacang hijau sudah di manfaatkan untuk berbagai hal, mulai sebagai sumber pangan sampai dengan pengobatan, Bahakan bangsa China Kuno sudah mengenal kacang ini sebagai penurun panas dalam dan juga pengeluar racun dalam tubuh Re yahoo

Di Indonesia sendiri kacang hijau sudah sangat familiar yang dipadukan dengan makanan khas seperti Onde-onde, Kulak, Bubur ...


Kandungan Nutrisi Kacang Hijau

Sebagai salah satu sumber pangan yang menyehatkan, kacang hijau diperkaya dengan berbagai nutrisi penting untuk menunjang kesehatan, di antaranya:

  1. Kaya Akan Protein, Bagi para vegetarian kacang hijau adalah sebagai menu andalan mereka, Lantaran Kandungan protein dalam setiap 100 gr kacang hijau sebesar 7 gr protein, Protein dalam kacang hijau membantu pembentukan otot-otot, Peningkat daya tahan tubuh, dan pembuat kenyang lebih lama baik sebagai menu sahur anda.
  2. Kaya Serat, Sama seperti hal nya protein dalam kacang hijau setiap 100 gr mengandung 7,6 gr serat, Dengan jumlah ini kacang hijau memiliki 30% kebutuhan serah harian tubuh kita, Serat dalam kacang hijau bermanfaat antara lain sebagai penjaga fungsi saluran cerna, pencegah sembelit dan penurun kolesterol.
  3. Mengandung Omega 3 Kacang hijau juga dipersenjatai omega-3 dalam 100 gr adalah 0,9 mg, Sedangkan Omega-6 dalam 100gr sebesar 119 mg. Seperti kita ketahui bahwa asam lemak esensial ini berguna untuk menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.
  4. Kaya akan Vitamin & Mineral Kacang hijau mengandung asam folat sebesar 159 µg/100 gr dan vitamin B1 sebesar 0,2 mg/100 gr. Tidak hanya itu, kacang hijau juga dilengkapi dengan riboflavin, B6, asam pantothenat, serta niasin, yang berguna membantu fungsi metabolisme dan organ tubuh.


    Kacang hijau kaya akan mineral. Dalam 100 gram kacang hijau terdapat potasium (266 mg), phosphoruans (99 mg), manganese (48 mg), kalsium (27 mg), magnesium (0,3 mg), besi (1,4 mg), zinc (0,8 mg), selenium (2,5 µg).
Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan

Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan

Dengan dibekali Nutrisi yang sangat lengkap kacang hijau dijadikan makanan yang memiliki segudang manfaat kesehatan antara lain :
  1. Membantu PertumbuhanKacang hijau mengandung protein inilah yang kan membantu tumbuh kembangnya sel-sel tubuh, yaitu sel-sel organ, otot, dan otak .
  2. Membantu Penyerapan NutrisiPenelitian mengungkapkan bahwa kekurangan vitamin B1 menyebabkan metabolisme melambat sehingga proses penyerapan nutrisi dari makanan tidak berjalan maksimal. Kandungan vitmain B1 dan enzim-enzim aktif pada kacang hijau dapat memperbaiki kondisi ini dengan meningkatkan penyerapan nutrisi dan metabolisme tubuh.
  3. Pencegah Penyakit Jantung Kacang hijau memiliki serat yang begitu tinggi sehingga membantu membersihkan saluran pencernaan, Peningkat gerak peristaltik yang akan membantu mengurangi penumpukan kotoran dalam usus perut. Serat juga berperan sebagai penurun kadar kolesterol jahat yang ada dalam tubuh, Sehingga sangat efektif sebagai pencegah penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke.
  4. Mencegah Anemia Diperkaya dengan zinc dan zat besi menjadikan kacang hijau sebagai makanan pilihan untuk mengatasi anemia, membantu kesimbangan hormon dan sistem kelenjar, serta menjaga metabolisme tubuh.
Dengan Kandungan Nutrisi yang amat sangat lengkap dan Manfaat Kacang Hijau sebagai kesehatan yang begitu besar, Jangan Ragu untuk memasukan Kacang Hijau sebagai daftar makanan Harian anda, Dimikian Ulasan Manfaat Kacang Hijau kali ini semoga bermanfaat